Aplikasi E-government adalah :
a) Pelayanan KTP Online
Pelayanan
KTP Online adalah sebuah aplikasi untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk secara
online baik bagi yang akan membuat KTP baru maupun yang akan melakukan
perpanjangan. Dengan Aplikasi ini pemohon KTP dapat melakukan peromohonanya
secra langsung, dengan mengklik menu yang tersedia pada website. Aplikasi
Pelayanan KTP online ini mempunyai beberapa tugas sebagai berikut:
·
Menyimpan biodata
Penduduk
·
Menyimpan data
Kecamatan
·
Menyimpan data
permohonan
·
Menyimpan data masa
berlaku
b) Pelayanan Izin Gangguan(HO) Online
Aplikasi
pelayanan masyarakat ini untuk pengurusan izin gangguan bagi yang akan
menjalankan sebuah usaha ataupun untuk perpanjangan bagi usaha yang sudah
memiliki izin usaha yang telah habis masa berlakunya. Pada Aplikasi ini
masyarakat yang akan memohon izin gangguan (HO) tinggal memilih layanan yang
diinginkan, izin gangguan untuk usaha baru atau perepanjangan izin gangguan
lama. Dengan Aplikasi ini setiap pemohon dapat mengajukan permohonan dan
mengisi formulir permohonan kapanpun dan dimana pun, selagi masih terhubung
dengan internet. Dengan begitu, pemohon tidak perlu mewakilkan ke orang lain
untuk pengurusan izin ini.
Dalam
implementasinya, dapat dilihat sedemikan beragam tipe pelayanan yang ditawarkan
oleh pemerintah kepada masyarakatnya melalui e-Government. Salah satu cara
mengkategorikan jenis-jenis pelayanan tersebut adalah dengan melihatnya dari
dua aspek utama:
·
Aspek Kompleksitas,
yaitu yang menyangkut seberapa rumit anatomi sebuah aplikasi e-Government yang
ingin dibangun dan diterapkan; dan
·
Aspek Manfaat, yaitu
menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan besarnya manfaat yang dirasakan oleh
para penggunanya.
Berdasarkan dua aspek di atas, maka jenis-jenis proyek
e-Government dapat dibagi menjadi tiga kelas utama, yaitu: Publish, Interact,
dan Transact.
1.
Publish
Jenis
ini merupakan implementasi e-Government yang termudah karena selain proyeknya
yang berskala kecil, kebanyakan aplikasinya tidak perlu melibatkan sejumlah
sumber daya yang besar dan beragam.
Di
dalam kelas Publish ini yang terjadi adalah sebuah komunikasi satu arah, dimana
pemerintah mempublikasikan berbagai data dan informasi yang dimilikinya untuk
dapat secara langsung dan bebas diakses oleh masyarakat dan pihak-pihak lain
ygberkepentingan melalui internet. Biasanya kanal akses yang dipergunakan
adalah komputer atau handphone melalui medium internet, dimana alat-alat
tersebut dapat dipergunakan untuk mengakses situs (website) departemen atau
divisi terkait dimana kemudian user dapat melakukan browsing (melalui link yang
ada) terhadap data atau informasi yang dibutuhkan. Contoh:
·
Para pengusaha dapat
mengetahui prasyarat dan prosedur perijinan dalam mendirikan usaha
·
Pelajar SMU dapat
mengetahui informasi berbagai program studi yang ditawarkan oleh berbagai
perguruan tinggi beserta prasyaratnya
·
Masyarakat secara
online dan real-time dapat mengetahui mekanisme pelayanan pembuatan KTP, KK,
dan pelayanan lainnya, serta dapat mengetahui hasil sementara pemilihan umum,
·
Ibu-ibu dapat
memperoleh informasi mengenai cara hidup sehat dari situs Departemen Kesehatan;
2.
Interact
pada
kelas Interact telah terjadi komunikasi dua arah antara pemerintah dengan
mereka yang berkepentingan. Ada dua jenis aplikasi yang biasa dipergunakan.
Yang pertama adalah bentuk portal dimana situs terkait memberikan fasilitas
searching bagi mereka yang ingin mencari data atau informasi secara spesifik
(pada kelas Publish, user hanya dapat mengikuti link saja). Yang kedua adalah
pemerintah menyediakan kanal dimana masyarakat dapat melakukan diskusi dengan
unit-unit tertentu yang berkepentingan, baik secara langsung (seperti chatting,
tele-conference, web-TV, dan lain sebagainya) maupun tidak langsung (melalui
email, frequent ask questions, newsletter, mailing list, dan lain sebagainya).
Contoh:
·
Perusahaan dapat
melakukan Tanya jawab mengenai persyaratan tender untuk berbagai proyek yang
direncakan pemerintah melalui e-mail, chatting atau guestbook
·
Dosen dapat mencari
informasi spesifik mengenai beasiswa lanjutan studi di luar negeri yang
dikoordinir oleh Dikti.
·
Masyarkat dapat menyampaikan keluhannya kepada
pemerintah melalui mailing list atau e-mail atau berintaksi langsung melalui
chatting,
·
Pasien dapat
berkomunikasi gratis dengan dokter melalui keluhan penyakit yang dideritanya
melalui web-TV (konsep tele-medicine);
3.
Transact
Yang
terjadi pada kelas ini adalah interaksi dua arah seperti pada kelas Interact,
hanya saja terjadi sebuah transaksi yang berhubungan dengan perpindahan uang
dari satu pihak ke pihak lainnya (tidak gratis, masyarakat harus membayar jasa
pelayanan yang diberikan oleh pemerintah atau mitra kerjanya). Aplikasi ini
jauh lebih rumit dibandingkan dengan dua kelas lainnya karena harus adanya
sistem keamanan yang baik agar perpindahan uang dapat dilakukan secara aman dan
hak-hak privacy berbagai pihak yang bertransaksi terlindungi dengan baik.
Contoh:
·
Para wajib pajak dapat
melakukan pembayaran pajak secara online
·
Masyarakat dapat
mengurus permohonan memperoleh KTP baru atau memperpanjangnya melalui internet. Para pengusaha
perkebunan, pertanian, maupun kehutanan dapat secara aktif melakukan jual beli
produknya melalui bursa berjangka dari komputernya masing-masing;
Nama : Martha Chandralela
NPM : 051424057
Mata Kuliah : E-Goverment
kelas/ Semester : A/2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar